Air Terjun Tanah Merah

Air terjun tanah merah merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di kota Samarinda, letak nya terdapat di wilayah samarinda utara, yaitu Lempake. Tempat wisata ini cocok untuk keluarga yang ingin menikmati suasana hutan yang sejuk dan segar. Di tempat ini terdapat pendopo istirahat, warung, pepohonan yang rindang, area parkir luas. Untuk pergi ke air terjun tanah merah dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. 

Air Terjun Tanah Merah

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di tempat yang asri dan nyaman serta teduh, Air Terjun Tanah Merah adalah salah satu tujuan yang disarankan. Letaknya hanya sekitar 14 kilometer dari pusat kota Samarinda. Anda dapat membawa bekal makanan sendiri, karena biasanya penjual makanan yang ada disekitar daerah Air terjun menjual makanan lebih mahal dari warung biasa.

Bagi anda backpacker, atau tidak mempunyai kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, anda dapat menggunakan angkutan kota dengan trayek berwarna merah yaitu trayek B. Anda dapat menemukan angkutan kota ini dijalanan Samarinda kota, sehingga anda dapat dengan mudah untuk menemukannya.

Tempat ini sering di datangi muda-mudi ataupu keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan bersantai menikmati kesejukan udara dan pemandangan yang indah. Namun pengunjung dilarang untuk terjun dari atas air terjun, konon berdasarkan cerita dari penduduk setempat, air terjun ini memiliki aura mistis. Dari cerita yang saya dengar dari penduduk sekitar tempat ini, katanya dibawah air terjun ini dulunya terdapat goa terowongan tempat bersembunyi pada zaman penjajahan belanda dahulu. Meskipun begitu saya belum pernah sekalipun melihat langsung apakah cerita tentang gua tersembunyi itu benar adanya.

Dikabarkan beberapa anak pernah terjun dari atas air terjun ini, lalu menghilang tenggelam didasar air terjun. Penduduk setempat bercerita bahwa di dasar air terjun terdapat goa. Jadi sangat disarankan untuk tidak mencoba terjun dari atas air terjun terutama anak kecil. Biasanya anak-anak yang datang bersama orang tua nya akan dilarang untuk berenang di sekitar air terjun ini. Meskipun air terjun ini hanya setinggi 15 meter, tidak seperti air terjun yang ada di daerah Pulau Jawa. Namun tetap saja berbahaya apabila jatuh dari puncak air terjun.


Meski begitu Air Terjun Tanah Merah selalu ada pengunjung pada saat hari libur, entah mengapa tempat ini seperti mempunyai daya tarik sendiri, yang membuat pengunjung tetap berdatangan ke tempat ini. Obyek wisata ini sempat sangat ramai didatangi pengunjung sampai-sampai tempat ini sudah menyerupai pasar terutama pada saat liburan anak-anak sekolah.

Anak-anak sekolah yang berdatangan umumnya adalah anak-anak SD yang telah melaksanakan Ujian Akhir Nasional atau UAN, sembari mengisi waktu liburan, pihak sekolah mengadakan jalan-jalan liburan ke Air Terjun Tanah Merah. Termasuk saya sewaktu SD dulu juga pernah ke tempat ini. Waktu itu saya hanya menggunakan Sepeda saja bersama teman-teman saya.

Namun tempat wisata air terjun tanah merah ini mulai ditinggalkan, mungkin karena bosan, ataupun karena seiring dengan perkembangan zaman, anak-anak muda sekarang kurang menyenangi berwisata untuk datang ke tempat wisata seperti ini. Sekarang ini zamannya gadget android yang membuat kegiatan sosial menurun drastis. Akibatnya tempat ini kurang terawat terutama jalur masuk dan pos penjaga pintu masuk yang jarang ada pengawasnya.

Meskipun begitu tempat wisata ini masih layak dikunjungin bagi anda yang sedang berlibur ke Kota samarinda. Tiket masuk untuk satu orang ke tempat wisata ini dikenakan harga Rp. 5.000, untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp. 2.000 dan untuk roda empat dikenakan biaya Rp. 5.000. Jadi bagi anda traveler jangan ragu untuk berlibur dan berkunjung ke Air Terjun Tanah Merah ini.

Demikian artikel tentang salah satu tempat wisata yang berada di Kota Samarinda, semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada anda.



Subscribe to receive free email updates: