Kebun Raya Unmul Samarinda

Berwisata ke Provinsi Kalimantan Timur tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Ibukota Provinsi nya yaitu Kota Samarinda. Kota Samarinda selain merupakan kota yang terletak strategis, kota ini juga memiliki cukup banyak potenswi wisata yang layak untuk di kunjungi.

Salah satu tempat wisata yang ada di Samarinda salah satu nya akan di bahas pada artikel ini. Tempat wisata tersebut adalah Kebun Raya Unmul Samarinda. Awal mulanya wilayah Kebun Raya Samarinda atau yang disingkat KRS ini merupakan kawasan milik dari perusahaan CV. Kayu Mahakam. 

Pada tahun 1974 perusahaan tersebut menyerahkan sebagian wilayah tanah milik perusahaan kepada pihak Universitas Mulawarman. Yang pada saat itu dipimpin oleh Rektor UNMUL yang bernama Sambas Wirakusuma. 

Besar wilayah yang diberikan adalah sekitar 300 hektar, wilayah tersebut berada di Gunung Kapur. Oleh pihak UNMUL wilayah tersebut dijadikan kawasan penelitian, tempat berkumpul Mahasiswa UNMUL dan menjadi wilayah konservasi. Lalu pada tanggal 9 Juli 1974 kawasan tersebut diresmikan menjadi hutan pendidikan.
Kebun Raya UNMUL Samarinda
Pada tahun 2001 kebun raya yang sebelumnya merupakan wilayah Hutan Konservasi dirubah menjadi tempat wisata, dan luasnya pun berkurang dari 300 hektar menjadi hanya sekitar 62 hektar. Dan selanjut nya menjadi tempat wisata Kebun Raya UNMUL Samarinda.

Hewan (fauna) yang ada di KRS ini terdiri dari 24 jenis satwa seperti Orang Utan, Kuda, Kancil, Buaya, Burung Merak, Ular Phyton dan lain-lain. Namun hewan-hewan tersebut sudah ada yang habis umur nya sehingga yang tersisa hanya sebagian saja.

Tumbuhan (flora) yang ada di KRS ini terdiri dari beberapa jenis pohon dan bunga yang merupakan tumbuhan yang sering digunakan untuk penelitian oleh mahasiswa UNMUL. Salah satu bunga nya adalah Anggrek Hitam.

Pada akhir pekan, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Tempat ini juga biasa dijadikan tempat berkemah oleh siswa pramuka sembari melaksanakan kegiatan pramuka. Pada hari libur panjang sekolah, terkadang siswa-siswa sekolah berdatangan secara beramai-ramai untuk mengunjungi tempat ini. Karena selain wilayah nya yang asri, siswa juga dapat melihat binatang atau hewan yang dilindungi dari dekat.

Saya sendiri sudah beberapa kali jalan-jalan ke KRS ini. Yang saya ingat saat itu bersama teman-teman satu sekolah dasar, dan teman-teman SMP. Kami memanfaatkan hari libur untuk berkunjung kesana. kebetulan saat itu diadakan reunian sehingga moment tersebut kami manfaatkan tuntuk jalan-jalan bersama, sembari bercerita tentang masa sekolah dahulu.

Sampai sekarang wilayah KRS sering dijadikan tempat Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda sebagai tempat berkemah dalam rangka kegiatan ospek jurusan Akuntansi POLNES. Mereka menginap 1 malam disana sebagai bentuk malam keakraban antar kelas dan angkatan.

Selain itu ditempat ini terdapat kebun binatang, danau buatan, pendopo tempat beristirahat, warung. Di danau buatan pengunjung dapat beristirahat sambil mengendarai perahu kayuh bebek. Pengunjung juga dapat duduk santai di pendopo di sekitar danau buatan tersebut. Tempat ini cocok untuk melepas kepenatan.

Dilingkungan KRS juga terdapat mushola untuk melaksanakan sholat bagi yang beragama Islam, jadi tidak perlu khawatir takut terlewat ibadah sholat nya. Jadi jangan ragu untuk berkunjung ke Kebun Raya Samarinda untuk merasakan sejuk dan nyamannya wisata ini.

Demikian artikel tentang salah satu tempat wisata yang berada di Kota Samarinda yaitu Kebun Raya UNMUL Samarinda. Semoga informasi yang ada di artikel ini berguna bagi anda pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Subscribe to receive free email updates: