Tempat Wisata Di Sulawesi Selatan

Artikel kali ini akan membahas tentang tempat wisata yang berada diwilayah Pulau Sulawesi, lebih tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Namun sebelum menuju daftar tempat wisata, terlebih dahulu kita akan berkenalan dengan Provinsi yang letaknya paling selatan dari Pulau Sulawesi ini.

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sulawesi, Indonesia. Provinsi ini berbatasan dengan provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat. Provinsi Sulawesi Selatan memiliki luas wilayah sekitar 45.764.53 km persegi, dengan jumlah populasi sebesar 8.034.776 jiwa. Provinsi ini memiliki ibukota yang terletak di Kota Makassar.


Provinsi yang memiliki hari jadi tanggal 13 Desember 1960 ini terletak di sebelah utara dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Suku bangsa mayoritas yang terdapat di pulau ini adalah Suku Bugis, dan Suku Makassar. Suku Bugis dengan presentasi 41,9% dari total populasi yang ada, sedangkan Suku Makassar sebesar 25,43% dari total populasi. Suku lainnya seperti Suku Toraja, dan Suku Mandar.

Pembagian daerah administratif Provinsi Sulawesi Selatan ini terdiri dari 20 Kabupaten dan 3 Kota besar. Kota besar tersebut adalah Kota Makassar, Kota Palopo, dan Kota Parepare. Dari 3 kota tersebut, yang wilayah yang paling luas adalah Kota Palopo, namun yang memiliki jumlah populasi paling besar adalah Kota Makassar.

Wisata kuliner yang ada salah satunya adalah Coto Makassar. Coto Makassar adalah salah satu makanan khas dari Provinsi ini khususnya Kota Makassar. Makanan berkuah ini cocok sekali di santap disaat cuaca dingin, dengan kuah panas yang nikmat, diracik dengan bumbu-bumbu khusus. Berisi potongan jeroan dan daging segar. Coto Makassar biasa disantap dengan Ketupat, ketupat yang digunakan biasanya ketupat dengan ukuran kecil. 

Sulawesi Selatan memiliki tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah Pantai Losari. Pantai yang terletak di sebelah barat Kota Makassar ini banyak kedatangan wisatawan khususnya di sore hari, untuk melihat pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sangat indah. Apalagi jika dilewati bersama dengan pasangan maupun keluarga.

Ada pula tempat wisata yang tidak kalah menarik dari Pantai Losari, tempat tersebut adalah Danau Tempe. Danau ini memiliki luas wilayah yang cukup besar yaitu mencapai 13.000 hektar. Dan wilayah danau ini mencakup 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Tempe, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Sabbangparu, Kecamatan Maniangpajo, dan Kecamatan Belawa.

Tempat wisata yang tidak kalah terkenal adalah tempat wisata yang berada di sebelah barat Kota Makassar. Yaitu Fort Rotterdam. Memiliki nama lain yaitu Benteng Ujung Pandang. Bangunan ini dibangun pada tahun 1945 oleh Raja Gowa ke-9. Filosofi dibentuknya bangunan yang kompleksnya menyerupai penyu ini, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun laut, yang merupakan cerminan dari Kerjaan Gowa yang mampu berjaya di Lautan dan Daratan.

Fort Rotterdam

Selain Pantai Losari, Danau Tempe, dan Fort Rotterdam masih banyak tempat wisata yang terdapat di Sulawesi Selatan, tempat wisata tersebut tersebuar diseluruh wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, seperti yang ada pada daftar dibawah ini.

Daftar Tempat Wisata di Sulawesi Selatan :
  • Bantimurung
  • Benteng Somba Opu
  • Danau Matano
  • Danau Tempe
  • Fort Rotterdam
  • Monumen Mandala
  • Pantai Losari
  • Pantai Tanjung Bira
  • Pulau Kayangan
  • Pulau Samalona
  • Taman Prasejarah Leang Leang
  • Tana Toraja
  • Trans Studio Makassar

Daftar tempat diatas masih belum lengkap, namun akan terus diupdate jika ada informasi terbaru mengenai tempat wisata tersebut. Demikian artikel seputar tempat wisata yang berada dikawasan Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga artikel ini berguna menambah wawasan tentang tempat wisata yang berada di Indonesia. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. 

Subscribe to receive free email updates: